I HOME I ENGLISH I
Jika Anda ingin membeli buku ini, silakan hubungi:
Ms. Evy (Cell.) 08 77 88 33 2501
Email : info@pendidikankarakter.org

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh

Judul : Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh
Pengarang : Doni Koesoema A.
Penerbit : Kanisius, Yogyakarta (2012) Halaman : xv. 238 hlm.

Pendidikan karakter utuh dan menyeluruh merupakan kristalisasi pemikiran Doni Koesoema A tentang pendidikan karakter yang integral dalam konteks keindonesiaan.

Buku ini, merupakan salah satu sumber yang dapat membantu pendidik, orang tua, guru dan siapa saja yang memiliki perhatian besar pada dunia pendidikan di Indonesia. Pembaca akan dihantar pada pemahaman dan pengertian yang mendalam tentang kompleksitas pendidikan karakter sehingga memiliki pandangan yang lebih luas, tidak sekedar jatuh pada simplifikasi ketika harus melaksanakan pendidikan karakter.

"Pendidikan karakter telah menjadi gerakan nasional. Ada kerinduan untuk merevitalisasi pendidikan karakter dalam praksis pendidikan kita. Dalam rangka revitalisasi itu, sudah banyak buku dan telaah membahas tentang pendidikan karakter. Namun, semua itu dirasa masih kurang. Buku sumber pendidikan karakter masih langka. Buku Mas Doni tentang Pendidikan Karakter utuh dan menyeluruh ini memperkaya wacana dan praksis kita tentang pendidikan karakter. Pantas dibaca oleh para pendidik, orang tua, pemerhati pendidikan dan masyarakat umum agar revitalisasi pendidikan karakter berjalan lebih baik." (Fasli Jalal, mantan wakil Menteri Pendidikan Nasional.)

Baca Resensinya di Media:

1. Pintar Harus Berkarakter (Kedaulatan Rakyat, 14 Oktober 2012) (klik di sini)

2. Mengurai Masalah Pendidikan Karakter (Gatra, 5 Desember 2012) (Klik di sini)


 

Pendidik Karakter di Zaman Keblinger. Mengembangkan Visi Guru sebagai Pendidik Karakter dan Pelaku Perubahan

Judul : Pendidik Karakter di Zaman Keblinger.
Pengarang : Doni Koesoema A.
Penerbit : Grasindo, 2011. (cetakan ke-2, cetak pertama 2009), 215 hlm.

Buku ini merupakan panduan bagi guru untuk memahami apa arti perubahan dalam konteks panggilan mereka sebagai pendidik karakter.

Buku ini berisi berbagai macam tantangan, harapan, sekaligus fungsi kritis bagai mereka yang terlibat dalam educational change yang menyangkut perubahan subjek. Guru tidak lain adalah pelaku perubahan dan pendidik karakter.

Jika Anda ingin memperbaiki kinerja Anda sebagai guru, buku ini memberikan berbagai macam pemaham dan inspirasi tentang bagaimana seorang guru bisa melakukan perubahan. Guru adalah pendidik karakter dan pelaku perubahan. Di zaman yang berubah serba cepat, guru mestinya peka dan mengerti apa makna perubahan dalam dirinya dan di luar dirinya. Menjadi pendidik karakter tidak lain adalah menjadi pelaku perubahan, bagi diri sendiri dan bagi orang lain. Buku ini layak menjadi pegangan dan panduan bagi Anda yang ingin menjadi guru bermutu. Guru adalah pelaku perubahan.

Edisi pertama buku ini sudah hampir habis dan mulai sulit ditemukan di toko-toko buku. Buku ini sudah naik cetak kedua pada bulan Oktober ini, dan dapat Anda temukan di toko buku Gramedia di Kota Anda.


 

Pendidikan Karakter.Strategi Mendidik Anak di Zaman Global

Judul : Pendidikan Karakter. Strategi Mendidik Anak di Zaman Global.
Pengarang : Doni Koesoema A.
Penerbit : Grasindi, Jakarta, 2011; 255 hlm.

Buku ini menjadi bacaan wajib di beberapa universitas untuk membekali para mahasiswa dengan pemahaman dan pengertian tentang pendidikan karakter secara komprehensif.

Bahkan, buku ini juga telah menjadi bahan kajian pemikiran untuk tugas penyelesaian skripsi tingkat Master di salah satu perguruan tinggi di Surabaya.

Buku ini membahas berbagai macam pemahaman dan pengertian tentang pendidikan karakter yang ada dalam sejarah pendidikan. Pendekatan bersifat pedagogis bisa Anda baca dalam buku ini sehingga Anda memiliki gambaran lebih jelas tentang arti, makna, tujuan, dan bagaimana Anda mesti mendesain pendidikan karakter dalam lingkungan pendidikan.

Doni Koesoema mengulas dengan begitu sistematis dan mendalam berbagai macam pendekatan tentang pendidikan karakter. Dalam buku ini, Doni mengajukan pemahaman tentang pendidikan karakter sebagai sebuah pedagogi. Pedagogi pendidikan karakter ini menjadi orientasi bagi setiap pengembangan program pendidikan karakter di manapun.

1. Resensi Buku oleh Tri Esti Handayani (Klik di sini)


 
Mengkritisi Kebijakan Pendidikan Nasional.

Judul : Mengkritisi Kebijakan Pendidikan Nasional
Pengarang : Doni Koesoema A.
Penerbit : Agora Education, 2010 ; 200 hlm.

Buku mengkritisi kebijakan pendidikan nasional merupakan antologi dari artikel yang ditulis oleh Doni Koesoema A, yang telah dipublikasikan di berbagai macam media cetak di Indonesia.

Pemikiran kritis Doni Koesoema A banyak tercermin dari tulisan-tulisannya yang diterbitkan di sejumlah media cetak nasional. Ini merupakan sebuah kesaksian akan tanggapan spontan dan tajam dari seorang akademisi sekaligus praktisi yang memiliki keprihatinan besar besar pada perkembangan dunia pendidikan.

Dengan bahasa yang sederhana, tegas sekaligus keras, pemikiran Doni menjadi semacam pelecut refleksi bagi siapa saja yang memiliki keprihatinan terhadap pendidikan nasional, tidak jarang, ia memberikan kritikan bagi para guru dan pendidik yang mestinya bisa memiliki potensi dan peran yang lebih besar dalam rangka pengembangan pendidikan.

 

 

Mengembangkan Kepemimpinan Sekolah yang Efektif

Boston College High School is a Jesuit Catholic college-preparatory school for young men founded in 1863.The principal told about their success. Read more.

Berpusat Pada Pembelajar

Ada perubahan dasar dalam Kurikulum 2013. Perubahan ini terkait dengan konsepsi terhadap siswa. Sekarang, siswa dianggap sebagai pembelajar utama. Begitu konsep terhadap siswa berubah, tujuan pendidikan juga berubah. Baca selanjutnya.

Tema-Tema Seminar & Lokakarya

Kami memberikan layanan berupa seminar dan lokakarya bagi pengembangan profesional guru. Kami juga memberikan layanan berdasarkan kebutuhan tiap sekolah. Tema-tema lokakarya.

Memahami "Jenis" Kecerdasan Anak Didik

Sebagai pendidik di sekolah, pasti kita juga merasa bertanggung jawab terhadap keselamatan anak didik. Kita akan merasa cemas jika melihat mereka berlarian menyeberang di jalan raya. Baca lebih lanjut.

Biarkan Anak Bertumbuh Bagai Bunga di Musim Semi

Mungkin benar kata pepatah, buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Kalau diartikan, peribahasa ini maksdudnya adalah bahwa seorang anak tidak akan memiliki sifat-sifat dan perilaku yang berbeda jauh dari orang tuanya. Apa benar? Baca lebih lanjut...

Mengkritisi Kebijakan Pendidikan Nasional

Kebijakan Nasional kita tidak mengembangkan siswa sebagai individu pembelajar. Banyak kebijakan pendidikan yang dibuat justru melemahkan pendidikan kita. Baca lebih lanjut.


Copyright by www.pendidikankarakter.org 2012
I Kebijakan Privasi I Ketentuan layanan I Beriklan I Klien & Rekanan I F.A.Q.I