I HOME I ENGLISH I
Jika Anda ingin membeli buku ini, silakan hubungi:
Ms. Evy (Cell.) 08 77 88 33 2501
Email : info@pendidikankarakter.org

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Berpusat Pada Siswa

Ada perubahan dasar dalam Kurikulum 2013. Perubahan ini terkait dengan konsepsi terhadap siswa. Sekarang, siswa dianggap sebagai pembelajar utama. Begitu konsep terhadap siswa berubah, tujuan pendidikan juga berubah. Demikian juga dengan seluruh metode dan strategi pengajaran, serta sistem evaluasi. Perubahan konsep ini memiliki implikasi moral, kultural dan pedagogis yang tidak kecil. Selama perubahan dalam tiga dimensi ini tidak disentuh, kurikulum 2013 terancam gagal dan menjadi sekedar macan kertas, karena praktik dan sistem budaya yang ada tetap sama. Baca lebih lanjut.

Kebudayaan

Kata kebudayaan akan menjadi catatan pendidikan pertama saya. Kebudayaan menjadi kata penting karena Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengembalikan dimensi kebudayaan dalam rumah pendidikan nasional, sehingga kementerian pendidikan nasional dulu bernama Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) juga berubah nama menjadi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Untuk itu, diperlukan dua wakil menteri secara langsung, yaitu wamen yang mengurusi pendidikan dan satunya kebudayaan.Read More...


Kekerasan
Dunia Pendidikan mengakhiri tahun ini dengan satu kata tebal: Kekerasan. Seorang siswa sebuah sekolah ditusuk saat berada di sebuah kafe, juara olimpiade matematika wafat sia-sia di tangan seorang kriminal, seorang anak SD membunuh anak SMP, seorang mahasiwa tewas dikeroyok teman sekampusnya, dan rentetan peristiwa tradisi tawuran pelajar seakan tak pernah henti. Read More...
Tomcat

Pendidikan karakter mengandaikan adanya sikap reflektif dan tanggap atas kenyataan hidup sehari-hari. Itulah sebenarnya yang menjadi salah satu kriteria untuk menilai apakah praksis pendidikan karakter di sekolah itu sungguh baik, tepat atau tidak. Read More.

 

 

 

Mengembangkan Kepemimpinan Sekolah yang Efektif

Boston College High School is a Jesuit Catholic college-preparatory school for young men founded in 1863.The principal told about their success. Read more.

Berpusat Pada Pembelajar

Ada perubahan dasar dalam Kurikulum 2013. Perubahan ini terkait dengan konsepsi terhadap siswa. Sekarang, siswa dianggap sebagai pembelajar utama. Begitu konsep terhadap siswa berubah, tujuan pendidikan juga berubah. Baca selanjutnya.

Tema-Tema Seminar & Lokakarya

Kami memberikan layanan berupa seminar dan lokakarya bagi pengembangan profesional guru. Kami juga memberikan layanan berdasarkan kebutuhan tiap sekolah. Tema-tema lokakarya.

Memahami "Jenis" Kecerdasan Anak Didik

Sebagai pendidik di sekolah, pasti kita juga merasa bertanggung jawab terhadap keselamatan anak didik. Kita akan merasa cemas jika melihat mereka berlarian menyeberang di jalan raya. Baca lebih lanjut.

Biarkan Anak Bertumbuh Bagai Bunga di Musim Semi

Mungkin benar kata pepatah, buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Kalau diartikan, peribahasa ini maksdudnya adalah bahwa seorang anak tidak akan memiliki sifat-sifat dan perilaku yang berbeda jauh dari orang tuanya. Apa benar? Baca lebih lanjut...

Mengkritisi Kebijakan Pendidikan Nasional

Kebijakan Nasional kita tidak mengembangkan siswa sebagai individu pembelajar. Banyak kebijakan pendidikan yang dibuat justru melemahkan pendidikan kita. Baca lebih lanjut.


Copyright by www.pendidikankarakter.org 2012
I Kebijakan Privasi I Ketentuan layanan I Beriklan I Klien & Rekanan I F.A.Q.I